Sabtu, 17 April 2010

Surat Untuk Sahabatku

Depok, 15 Juli 2008


To My Dearest Friend
Dahlia Utami Ningrum....

Farewell...
A beginning that always colors up our lives
It always sketches with gold love and silvery affection ink
From the episode of life itself

Kalo lo nurut ama gue, seharusnya lo ada di -minimal- pesawat/bandara waktu lo baca surat ini. Ato mungkin, lo lagi transit ato bahkan lo udah nyampe di US dan masih jet lag2nya. Tapi kalo lo sekarang ini posisi lo masih di Indonesia, dikelilingin orang-orang rambut item-kulit coklat dan cebok pake aer, gue gak kaget kok. Lo kan emang suka gitu. Gak sabaran. Huh! *sok ngambek*

Anyhow, kalo lo mau tau gue ngetik surat ini pagi-pagi buta kayak orang bener, bibir masih jigongan dan muka masih ceplakan bantal. Hal pertama yang gue pikirin waktu gue bangun tidur pagi ini adalah “Shit, man, my best friend is gonna go abroad tomorrow. I got to give her something before she leaves, or she’ll forget I exist”. Gue belaga buka dompet dan secara gegap gempita nemuin duit rebuan beleretan disitu. Dikumpulin juga paling banter dapet baso semangkok. Gue emang payah, Hel. Idup susah, mati juga ogah. Tapi gue gak patah arang. Gue percaya lo mo temenan ama gue bukan karna materi, kalo nyari materi mah lo gak bakalan temenan ama pengangguran kayak gue yang belon bisa nyari duit sendiri. Mending temenan ama mesin atm aja. Ato bendahara RT. Pokoknya bukan gue. Lo sih ga punya duit gampang, muka gak kalah ama penyanyi dangdut ibukota, badan tinggi gede, ngomong oke, tepe sana-tepe sini jadi SPG, dapet deh ratusan rebu. Nah gue, badan boncel stadium 5, mo jadi SPG apaan. Susu balita?

Menilik fakta-fakta di atas akhirnya gue membuat sebuah keputusan maha bijaksana. Dengan sotoy gue berkata pada diri sendiri ”pertama-tama gue mesti nulis surat perpisahan buat Dahelkuh”. Jadilah pagi ini gue berkutat dengan jidat bekerut-kerut di depan leptop, ngetik surat ini buat lo. Sebenernya surat ini nothing special sih, Yang. Cm kayak flash back persahabatan kita berdua selama beberapa 3 taun kebelakang. Mostly things I’ve thought about you. Ada juga nasehat-nasehat sotoy gue buat lo. Kali-kali aja pas di Amrik entar lo sembelit, mayan tuh, bisa bikin mules, jadi gampang eek deh...

Well, Hel, I may not know you for a long time but it does not take that much of a time to know who you really are. Meskipun kita udah saling kenal sejak 3 taun yang lalu pas pertama kali ikut orientasi AFS di Jakarta, tapi gue gak pernah bener-bener kenal elo sampe taun lalu waktu kita mo balik ke Indo. There, I realized for the first time that you’re not a person I’d known for the last two years. Setaun ini, gue baru tau bahwa lo adalah Dahlia yang bener-bener berbeda dari apa yang gue pikir sebelomnya. Jujur, pertama gue kenal lo secara sepintas gue langsung ngambil kesimpulan sesat bahwa lo itu adalah orang yang sok eksklusif, suka pilih-pilih temen, rada angkuh, pokoknya ngartis banget dah kaya bintang pelem. Gue inget banget the very-very first time gue ngelyat lo. Di SMAN 74 Jakarta, abis seleksi tertulis pertama. Waktu itu gue lagi tengah hari bolong, cuaca lagi panas-panasnya dan gue lagi mabok-maboknya, secara abis tes. Perut laper, mata siwer. Kebetulan ada tukang soto di pinggir jalan, yodah hajar aja. Gue makan dah di pinggir jalan, sendirian kayak musapir. Pas gue lagi makan kayak orang kesurupan, saat itulah gue ngeliyat lo. Lo pake baju turtle neck gitu kalo gak salah, terus pake bawahan rok selutut dan pake sepatu teplek. Gak penting yah, tapi gue merhatiin aja. Lo lagi bediri di trotoar sambil ngobrol lewat hp. Kayanya lagi nunggu orang. Gak tau kenapa gue takjub aja ngeliatin lo. Di mata gue waktu itu lo tuh bling-bling bener gitu dah. Gak lama gue liat lo jalan menuju ke sebuah mobil yang diparkir di pinggir jalan (belakangan gue baru nyadar kalo dia itu pacar lo waktu itu). Tapi lo gak langsung pergi naek tu mobil. Lo malah balik lagi ke arah gedung sekolah, gak tau mo ngapain.

Di seleksi-seleksi AFS tahap berikutnya gue masih sering juga ngeliat lo. Dalem ati gue mikir “wah jago juga ni cewe, lolos seleksi mulu”. Saat itu gue masih ngirain lo tu tipe cewe hedon-hura-hura yang bisanya cuma dandan, pacaran ama dugem doang makanya gue rada gak percaya lo melenggang kangkung sukses ngelewatin seleksi. Gue juga sampe sekarang suka ikut2an dugem sih. Dunia gembel. Hihi. ^O^v

Oke, hari berganti hari. Setaun pertama ga terlalu meninggalkan kesan buat gue. gue ngerasanya kita dulu cuma temen di permukaan doang. Sekedar lo tau gue dan gue tau lo. That’s pretty much it. Gue gak pernah nyadar bahwa lo tuh anak yang asik banget sampe karantina terakhir sebelom keberangkatan kita ke US pas kita lagi heboh-hebohnya nyiapin farewell party. Di karantina menuju farewell party yang seperti ritual iblis yang menyita energi, pikiran, waktu dan kehidupan para AFSers selama hampir semingguan itu sedikit demi sedikit gue mulai kenal lo. Ternyata lo gak seeksklusif yang gue kira. Gue akhirnya sadar bahwa seorang Dahel itu peduli temen, punya semangat teamwork yang bagus, enak diajak ngobrol dan humoris abis.

Setaun di Amrik bisa dibilang gue ga pernah kontak-kontakan ama lo. gue cuma sesekali liat kabar lo melalui efes lo yang eksisnya senen kamis karna jarang di update ituh. Diem-diem gue kagum ngeliat poto-poto lo pas surfing di CA. Gue jadi rada mupeng gitu. Tapi setelah gue amati dengan saksama, kulit lo jadi super tan aka angus, gue jadi bilang makasih, masih dalem ati. Yaelah gue kagak surfing di pante aja kulit udah buluk-buluk coklat eksotis already, gimana kalo gue nekat ke CA surf bareng lo. Bisa dikira cebong gue, item-item ngambang di atas papan. Time went by, gak kerasa setaun berlalu cepet banget di US. Rasanya baru kemarennya kita berangkat bareng-bareng ke US kayak Bolang (bocah petualang) dengan badan kurus-kering-cacingan tinggal tulang ama kentut ngarep bisa megang salju dan ehm..bule, eh tau-tau udah tiba aja gituh waktunya buat kita untuk pulang. Uhhh...ga mau! Gue inget summer 2007 menuju detik-detik kepulangan gue bodi gue udah bak anak babi. Cuma bedanya kalo anak babi warnannya ping imut, gue item akut, hasil panas-panasan maen softball tengah hari bolong sepanjang musim panas. Berat gue yang naek 14 kiloan waktu itu kayaknya udah udah bener2 mendukung buat ikutan tinju kelas bulu babi, nyaingin Muhammad Ali ato petinju-petinju item Amrik. Okey, back to the topic, singkat cerita ketemulah kita di pre-Return Orientation di DC akhir Juni.

Gue surprise banget.
Waktu itu sih gue pribadi gak ngerasa diri mengalami perubahan ato semacemnya setelah setaun idup di Amrik. Tapi ternyata bener kata kaka2 aefes, we’ll never know how much we change till we see others that do and reflect it to ourselves. Gue baru nyadar seberapa banyak elo, gue dan temen-temen aefes berubah. Mungkin lo masih inget gimana kita selalu nge-cengin anak-anak daratan jawa yang sebelom pergi masih demen campur sari en nyinden eh tiba-tiba pas pulang nyanyinya “I’m hot cos I’m flat, you ain’t cos you not. This is why, this is why ,this is why I’m hot”. Gyahahaha. Kocak bener. Gue juga inget pernah dengan nista, dengan dukungan elo tentunya, moto-motoin anak-anak dalam pose tidur dengan badan after mereka yang udah melar dua kali lipat dari before-nya. Gak berasa diri gituh, kalo gue sendiri waktu itu juga bodi babi. Kalo diinget-inget, ternyata banyak banget yah, momen yang kita alamin sama-sama menjelang kepulangan ke Indonesia...

Tapi dari semuanya, momen yang paling berkesan buat gue terkait dengan persahabatan kita adalah momen dimana lo membuka diri lo, nunjukkin siapa Dahel sebenernya dan apa yang Dahel pikirkan. Malam ke-dua pre-Return Orientation waktu lo curhat ke gue, Dita, Anin ma Yumi soal masalah berat yang mesti lo hadepin menjelang kepulangan lo ke Indonesia. Di detik dimana lo netesin air mata ketika lo cerita, detik itu pula gue berkata sama hati gue “God, she is not as happy as she seemed”. Gue selalu ngira bahwa lo adalah cewe beruntung yang hidup di tengah keluarga yang juga beruntung dengan segala anugrah yang Tuhan kasih ke lo. Malem itu ternyata gue baru sadar bahwa gue gak tau apa-apa tentang lo, tentang keluarga lo, tentang hidup lo, atau tentang masalah yang lo punya. Ibaratnya lo adalah badan perairan *halah* gue waktu itu adalah temen di permukaan yang cuma tau lo dari riak aja, dan ga tau apa-apa soal kedalaman apalagi apa yang lo pendam di dasar. Mungkin lo gak tau, tapi malem itu juga gue commit di hati gue sendiri bahwa gue bertekad mau jadi sahabat lo, gue mau tau lebih tentang lo dan jadi orang yang siap mendengar kalo lo butuh teman bicara dan siap bicara kalo lo butuh saran untuk didengar.

Mungkin gak semua komitmen yang gue ikrarin malem itu udah gue laksanain. Gue belum bisa dibilang jadi sahabat yang baik buat lo. Gue gak selalu ada di samping lo ketika lo butuh teman buat berbagi. Gak juga siap ngedenger lo kalo lo butuh temen cerita. Gue juga gak bantu apa-apa kecuali mungkin doa dan support verbal yang juga sama terbatasnya. But despite those all, I just want you to know that you’ll always have a special place in my heart. Dimanapun lo berada nantinya, profesi apapun yang lo tekuni di masa depan, sama siapapun lo akhirnya nikah, lo tetep Dahel Busuk, sahabat gue yang gue sayang.

Ga banyak yang bisa gue kasih ke elo. Lebih tepatnya gak ada. Selaen ucapan selamat teriring doa. Amerika kan tempat impian semua orang, Yang, dan lo adalah satu dari sedikit orang yang beruntung bisa mengenyam 4 tahun pendidikan tinggi disana. 4 taun di Amrik, gue gak mo sok-sok nyuruh lo buat ibadah ato beramal etc karena gue sendiri ibadah masih dangdut. Haha. Hanya satu pesan gue, Hel: hadapilah setiap kesulitan hidup dengan senyum. If the world gives you thousand reasons to cry, give it million reasons to smile. Percayalah bahwa setiap tetes keringat, setiap jerih usaha, dan setiap detik waktu yang lo korbankan tidak akan pernah sia-sia. Semua pasti ada hasilnya, atau minimal ada hikmahnya. Believe me, God loves you, Dear. So do I. You may not have the best family in the world or the best parents in the earth. But not to worry, He shows his love by sending caring people surround and brings fortunes all around you. Be succeed in the future. Pursue your dreams today like there is no tomorrow. My pray is yours. These following phrases are my pledges.

We’ve known each other by chance
Become friends by choice
Still friends by decision
And when we say friends forever that’s definitely a lifetime promise

Live, Laugh and Love
Tons of Love


Dayu Dara Permata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar