Minggu, 18 April 2010

Juara 1 Toyota Ecoyouth Program


Jakarta, Juli 2006

Toyota hari ini secara resmi mengumumkan SMAN 1 Depok sebagai pemenang program Toyota Eco Youth dalam sebuah acara yang dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup, Bapak Rahmat Witoelar; Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor, Bapak Johnny Darmawan; dan Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Mr. Hidematsu Ibaragi. SMAN 1 Depok akan melihat proyek lingkungan hidup dari rekan-rekannya di Malaysia sebagai hadiah kemenangannya tersebut.

Program Toyota Eco Youth merupakan upaya terkini Toyota Indonesia untuk menanamkan dan menumbuhkan kesadaan akan lingkungan hidup. Toyota Eco Youth? mengambil bentuk kontes peningkatan kondisi lingkungan hidup di sekolah, dan untuk kali pertama penyeleggaraannya ini berfokus pada upaya pengolahan limbah di 10 Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di kawasan Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi sebagai peserta. Proyek serupa juga telah dilaksanakan oleh Toyota Malaysia sejak tahun 2001.

Ke-sepuluh peserta Toyota Eco Youth masing-masing diwakili oleh tim inti yang terdiri dari 6 orang siswa/i dan seorang guru pembimbing. Mereka telah berkompetisi selama kurang lebih 6 bulan (November 2005 hingga Mei 2006) untuk memadukan pengetahuan akan metode penyelesaian masalah dengan pengetahuan penangggulangan limbah. Peserta Toyota Eco Youth adalah:
1. SMAN 34 Jakarta
2. SMAN 13 Jakarta
3. SMAN 69 Kepulauan Seribu
4. SMKN 26 Jakarta
5. SMKN 32 Jakarta
6. SMKN 58 Jakarta
7. SMAN 1 Depok
8. SMK Analis Kimia YKPI Bogor
9. SMAN 1 Tangerang
10. SMAN 5 Bekasi

Nilai tertinggi dalam Toyota Eco Youth berasal dari seberapa jauh tiap-tiap sekolah mampu melibatkan seluruh komponen sekolah dalam proyek lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh mereka. Selain itu, tiap-tiap proyek juga diharapkan memiliki tingkat keberlanjutan yang tinggi sehingga dengan mudah dapat diteruskan oleh generasi siswa selanjutnya. Secara keseluruhan, pemenang Toyota Eco Youth didapat dari kombinasi 3 penjurian, yaitu:

1. Penjurian lapangan dimana tim juri menilai proyek perbaikan lingkungan hidup langsung di lokasi masing-masing peserta
2. Penjurian presentasi dimana tim inti mempresentasikan proyek mereka secara lisan dihadapan para juri
3. Penjurian ruang pamer.

Secara lengkap, pemenang Toyota Eco Youth adalah sebagai berikut:

Pemenang Pertama SMAN 1 - Depok
Pemenang Kedua SMAN 34 - Jakarta
Pemenang Ketiga SMAN 5 - Bekasi
Presentasi Terbaik SMAN 34 - Jakarta
Media Pamer Terbaik SMKN 32 - Jakarta


Tim SMAN 1 Depok yang diketuai oleh Dayu Dara Permata berhasil memperoleh juara pertama.

Melalui Toyota Eco Youth diharapkan para peserta dapat memperoleh pengetahuan mengenai manajemen lingkungan hidup dan disaat yang sama dapat meningkatkan kondisi lingkungan di sekolah mereka sendiri. Para peserta juga diharapkan dapat menyebar-luaskan pengalaman dan pengetahuan yang mereka dapat selama program kepada teman-teman, orang-tua, dan orang-orang di sekitar mereka.

PT TAM dan PT TMMIN berharap agar kesadaran akan pentingnya pendidikan dan lingkungan hidup dapat meresap di masyarakat. Pabrik ? pabrik Toyota Indonesia telah mendapat sertifikat manajemen lingkungan ISO 14001 dan dilengkapi dengan fasilitas Waste Water Treatment sebagai salah satu bentuk kepedulian Toyota Indonesia atas isu lingkungan hidup.

Di tingkat global, kepedulian Toyota akan lingkungan hidup dikejawantahkan dalam pengembangan teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan seperti hybrid dan fuell cell hybrid system.

Toyota merupakan pemimpin dalam pengembangan mobil hybrid, dimana Toyota Prius merupakan mobil hibrid pertama di dunia yang dipasarkan secara komersil. Sistem hibrid Toyota menghemat konsumsi penggunaan bahan bakar dengan cara pembagian kerja dan kombinasi antara motor listrik dan mesin bensin konvensional. Prius adalah kendaraan hibrida yang digerakkan oleh motor listrik dengan bantuan mesin bensin, tenaga yang dihasilkan sama besar dengan mesin bensin konvensional 2,0 lt. Konsumsi bahan bakar Prius adalah 1 liter bensin untuk perjalanan sejauh 25 km. Selain Prius, kendaraan Toyota lain yang telah menggunakan teknologi hibrid adalah Toyota Estima, Toyota Crown, Toyota Alphard, Toyota Highlander, dan Lexus RX400h.

Sejak pertama kali dipasarkan tahun 1997, Toyota Prius telah terjual sebanyak 504.000unit di seluruh dunia dan memperoleh beragam penghargaan seperti ?North America Car of The Year 2004 dan 2005 European Car of The Year. Pemilik Toyota Prius termasuk selebriti terkenal Holywood.

Toyota juga tengah mengembangkan level tertinggi dari teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan, yaitu mesin penggerak mobil yang tidak membutuhkan konsumsi bahan-bakar fosil dan sama sekali tidak mengeluarkan emisi berbahaya bernama Fuel Cell Hybrid Vehicle (FCHV). Bila teknologi hibrid menggunakan kombinasi motor listrik dengan mesin bensin konvensional, maka teknologi FCHV mengganti mesin bensin dengan sel bahan bakar bertenaga hidrogen. Emisi yang dihasilkan dari teknologi ini berupa H2O atau air. Mobil FCH Toyota telah dipasarkan secara terbatas di Jepang dan Amerika Serikat sejak tahun 2002, sementara itu Bus FCHV milik Toyota merupakan bus resmi dalam perhelatan Aichi Expo 2005 di Jepang kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar