Minggu, 18 April 2010

Dayu Dara Permata: Juara 1 Lomba Cepat Tepat Pangan IPB Tingkat Nasional 2007


SMANSA Juara LCT Ilmu Pangan XV

Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan ke-15 (LCTIP XV) diadakan pada tanggal 8 dan 9 September 2007 di Auditor terdiri dari 3 orang siswa dan 1 orang guru pembimbing. Lima tim diantaranya berasal dari Pulau Sumatium Fakultas Perikanan dan Auditorium Abdul Muis Nasution. Acara diikuti oleh 51 tim yang masing-masing timra, 2 tim berasal dari Pulau Bali, dan sisanya (44 tim) berasal dari Pulau Jawa.

Lomba ini dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap pertama adalah tahap penyisihan yang dilakukan dengan tes tertulis yang mencakup materi matematika, fisika, kimia, biologi, dan ilmu pangan. Dari tahap ini disaring sebanyak 21 tim untuk dapat mengikuti tahap perempat final dan tiga dari 21 tim tersebut dengan nilai tertinggi dapat langsung melanjutkan ke tahap semifinal. Tiga tim dengan nilai tertinggi tersebut adalah 1 tim SMA Insan Cendekia Serpong, 1 tim SMAN 2 Bandar Lampung, dan 1 tim SMUK 3 BPK Penabur Jakarta.

Tahap perempat final dibagi menjadi 6 sesi. Dari tahap perempat final ini didapat enam tim yang lolos ke tahap semifinal, yaitu 1 tim SMAN 1 Tabanan Bali, 1 tim SMA Presiden Bekasi, 1 tim SMAN 2 Bandar Lampung, 1 tim SMAK Karunia Jakarta, 1 tim SMAN 1 Serang, dan 1 tim SMAN 1 Depok. Tahap Semifinal dibagi menjadi tiga sesi. Masing-masing tim pemenang dari tiap sesi tersebut dapat melanjutkan ke tahap final. Tiga tim yang lolos ke tahap final adalah 1 tim SMAN 2 Bandar Lampung, 1 tim SMAN 1 Depok, dan1 tim SMA Presiden Bekasi. Saat-saat yang paling menegangkan adalah babak terakhir dari tahap final, yaitu babak rebutan di mana terdapat 40 soal yang dapat diperebutkan oleh ketiga tim finalis.

Terjadi perebutan nilai yang sangat ketat di antara ketiga tim tersebut. Final berlangsung seru dengan saling mengejar nilai antar regu. Boleh dikatakan bahwa tiga regu tersebut memang pantas dan layak berada final karena kemampuannya dalam menjawab soal-demi soal amatlah memukau penonton terutama dewan juri. Pada akhirnya juara I didapatkan oleh tim SMAN 1 Depok (atas nama Visky Katerina Putri, Farhani Lainufar, dan Dayu Dara Permata) dengan hadiah berupa piala bergilir dari Direktorat IPB, piala LCTIP XV, dan uang sebesar Rp. 4.500.000,-. Juara II didapatkan oleh SMA Presiden Bekasi dengan hadiah berupa piala LCTIP XV dan uang sebesar Rp. 2.500.000,-. Lalu juara III didapatkan oleh SMAN 2 Bandar Lampung dengan hadiah berupa piala LCTIP XV dan uang sebesar Rp. 1.500.000,-. mereka juga memperoleh hadiah Undangan sebagai mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan tanpa jalur tes atau USMI.

LCTIP XV ini ditutup oleh Ketua Himitepa IPB, M.T. Assyaukani dengan memberikan suatu gambaran menggugah mengenai keadaan pangan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar