Kamis, 02 Juni 2011

Dayu Dara Permata - Nielsen Marketing Challenge

Press Release Nielsen Marketing Challenge

Tim Vidyashana yang terdiri atas 3 mahasiswa tingkat tiga Institut Teknologi Bandung, yaitu Dayu Dara Permata dari jurusan Teknik Industri dan Romi Kharisnawan serta M. Hazki Hariowibowo dari jurusan Sistem Informasi & Teknologi berhasil menjadi juara 1 dalam kompetisi Nielsen Marketing Challenge tahap universitas sehingga berhak untuk melaju ke babak selanjutnya mewakili ITB dan mendapatkan undangan eksklusif untuk menghadiri Nielsen Workshop di Jakarta. University final yang berlangsung pada tanggal 7 Februari 2011 di Auditorium Campus Center Timur ini merupakan seleksi tahap 2 setelah tahap 1 pre-eliminary yang bertujuan untuk menjaring tim terbaik dari ITB.

Nielsen Marketing Challenge merupakan kompetisi strategi pemasaran berskala nasional yang diinisiasi oleh The Nielsen Company Indonesia, perusahaan global yang bergerak di bidang riset pemasaran. Acara yang memiliki tagline “The War for Better Marketing Solution” ini khusus diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat III dan IV dari lima universitas di Indonesia. Lima universitas yang dapat berpartisipasi adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Prasetya Mulya Business School, dan Universitas Padjadjaran.
teguh-yunanto
Teguh Yunanto, Executive Director The Nielsen Company Indonesia memberikan sambutan pada pembukaan Studium Generale sekaligus Roadshow Nielsen Marketing Challenge di Auditorium CC Timur, ITB

Kompetisi ini diawali dengan roadshow yang dilakukan di 5 universitas yang diundang untuk berpartisipasi. Selanjutnya, Nielsen Marketing Challenge dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pre-eliminary, university final dan national final. Pada tahap pre-eliminary, untuk dapat mengikuti kompetisi, mahasiswa harus membentuk tim yang terdiri atas 3 individu yang berasal dari universitas yang sama kemudian mengangkat sebuah kasus dalam bentuk proyek pemasaran yang berkaitan dengan fenomena generasi muda. Pendaftaran dan seleksi untuk tahap pre-eliminary dilakukan secara online dan tiap tim diwajibkan men-submit proposal proyek serta CV yang nantinya akan diseleksi oleh panitia dan direduksi menjadi 5 terbaik dari tiap universitas.

Pada tahap university final, 5 tim dengan proyek terpilih di setiap universitas akan memiliki kesempatan untuk mempresentasikan proposal proyeknya. University final diselenggarakan di masing-masing universitas di mana 5 tim terbaik akan menjelaskan konsep, rencana pelaksanaan, analisis dan rekomendasi awal proyek kepada Dewan Juri. Pada tahap ini akan dipilih 1 tim terbaik dari tiap universitas.

Selanjutnya, tim terbaik dari 5 universitas tersebut akan diundang untuk menghadiri Nielsen Workshop selama 2 hari di Jakarta. Workshop Nielsen ini merupakan forum yang diadakan untuk mempersiapkan tim yang lolos ke national final dengan materi yang dibutuhkan untuk eksekusi proyek. Tiap tim akan memiliki waktu untuk menjalankan eksekusi proyeknya antara tanggal 12 Februari 2011 hingga sebelum national final pada tanggal 18 Maret 2011. National final akan diadakan di Jakarta dimana pada akhirnya kelima tim terbaik dari tiap universitas akan berkesempatan untuk mempresentasikan hasil dari eksekusi proyek yang telah dijalankan di hadapan juri yang terdiri atas Managing Director & Executive Director Nielsen Company Indonesia, Executive Nielsen Regional Singapore serta para ahli di bidang marketing dan riset konsumen. Output yang diharapkan dari tahap ini adalah rekomendasi akhir yang dibangun berdasarkan riset komprehensif terhadap generasi muda. Tim yang keluar sebagai juara 1 akan memenangkan hadiah utama berupa International Leadership Forum dan kesempatan untuk magang Kantor Regional Nielsen di Singapura.
nielsen-challenge
Roadshow Nielsen Marketing Challenge di 5 perguruan tinggi terpilih

Pada tahap pre-eliminary di ITB, dari 26 proposal riset pemasaran yang masuk akhirnya dipilih 5 tim dengan proposal terbaik yaitu, sebagai berikut:
1. Fireflies Team
2. Vidyashana Team
3. Numereit Team
4. Revelation Team
5. Pandawa Team

Kelima tim terbaik dari ITB ini kemudian harus mempresentasikan proposal riset pemasaran pada tahap University Final di Auditorium CC Timur. Presentasi dilakukan di hadapan para juri yang terdiri atas jajaran eksekutif The Nielsen Company Indonesia. Dari kelima tim yang berlaga, proposal Vidyashana Team dinyatakan sebagai presentasi proposal terbaik sehingga tim ini dinobatkan sebagai juara pertama, diundang untuk menghadiri Nielsen Workshop dan mewakili ITB di tahap terakhir National Final yang akan diadakan pada tanggal 18 Maret 2011 di Jakarta. Vidyashana Team, yang terdiri dari 3 mahasiswa tingkat III di ITB yaitu Dayu Dara Permata dari Teknik Industri 2008 dan Romi Kharisnawan serta M. Hazki Hariowibowo dari Sistem Teknologi & Informasi 2008, berhasil meraih nilai tertinggi dengan proposal mereka yang mengangkat tentang fenomena Apple Campus Reseller di ITB dan potensinya dalam meningkatkan brand recognition produk Apple di segmen generasi muda.

poster-nielsen

Media promosi Nielsen Marketing Challenge berupa poster tentang kompetisi

-taken from www.ti.itb.ac.id-

1 komentar:

  1. It is unusual for me to find something on the internet that’s as entertaining and intriguing as what you’ve got here.

    BalasHapus