Press Release Trust by Danone
Pada tanggal 9-11 Februari 2011 di ballroom Ritz Carlton, Jakarta, lima mahasiswa ITB yang tergabung dalam Tim Tjakrawala berhasil melaju ke babak Country Final kompetisi Trust by Danone.
Tim Tjakrawala yang terdiri dari Dayu Dara Permata (Teknik Industri 2008), Patricia Amanda Tjandrasa (Sekolah Farmasi 2008) dan Primandaru Widjaya (Teknik Kimia 2008), Fakhri Rasyidi dan Sarah Wibiandini (Sekolah Bisnis & Manajemen 2008), merupakan salah satu dari 6 tim terbaik yang meraih nilai tertinggi pada tahapan sebelumnya, yaitu Trust Day. Pada tahap Country Final ini, masing-masing tim harus mempresentasikan strategi bisnis yang mereka rumuskan di hadapan dewan juri yang terdiri atas Executive Directors Danone Regional & Board of Directors Danone Indonesia. Keenam tim yang berlaga pada Country Final adalah Tim Tjakrawala ITB, Tim Jayawijaya dan Tim Highfive dari Universitas Indonesia, Tim Priangan dari Universitas Padjajaran, Tim Cakrabyuha dari Universitas Diponegoro, dan Tim Best USU dari Universitas Sumatra Utara. Setelah presentasi, dewan juri kemudian mengajukan berbagai pertanyaan berkaitan dengan strategi bisnis yang dikembangkan para finalis untuk tiga tahun ke depan. Desi Anwar dan Iman Sugema juga menjadi juri dalam ajang ini. Dari tahap ini akan dipilih 1 tim terbaik yang akan mewakili Indonesia di tahap International Final di Paris pada bulan April.
tim-tjakrawala-itb
Tim Tjakrawala ITB berhasil melaju ke babak Country Final kompetisi Trust by Danone 2011
Pada tahapan sebelumnya yaitu Trust Day, keenam (6) tim yang berlaga pada Country Final merupakan tim terbaik dari 35 tim dari berbagai universitas ternama dari Indonesia dan Australia, seperti UGM, ITB, UI, Universitas Padjajaran, Sekolah Bisnis Prasetya Mulya, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, Universitas Udayana, Universitas Sam Ratulangi dan University of Melbourne Pada tahap Trust Day, selama 7 jam pada tanggal 12 Januari 2011, seluruh tim terpilih dari Indonesia & Australia harus menunjukkan kemampuan masing-masing dalam menjawab seluruh tantangan yang diberikan dalam bentuk simulasi virtual aktivitas bisnis perusahaan. Masing-masing tim harus mampu menjalankan peran sebagai Board of Director Danone yang solid di suatu negara fiktif bernama Luvenia. Sebagai Board of Director Danone Luvenia, setiap tim harus melakukan analisis SWOT, merancang Strategic Directions, menurunkan Action Plans dari masing-masing Strategic Directions kemudian membuat implikasi finansial yang sesuai dalam waktu 7 jam. Selama proses perumusan kebijakan strategis tersebut, tim juga harus dapat menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan secara online dengan cepat & tepat. Enam (6) tim dengan nilai tertinggi inilah yang kemudian diundang untuk berlaga di Country Final. Trust Day telah berlangsung pada tanggal 12 Januari 2011 di Balai Kartini International Convention Center, Jakarta.
Trust by Danone merupakan salah satu kompetisi bisnis internasional tahunan terbesar di dunia yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan wawasan nyata tentang isu-isu bisnis terbesar saat ini. Trust by Danone pada tahun 2011 ini telah memasuki tahunnya yang ke-8. Indonesia sendiri telah berpartisipasi sejak tahun ke-2 sehingga tahun ini merupakan ke-6 kalinya Indonesia berpartisipasi di dalam kompetisi Trust by Danone. Melalui kompetisi ini mahasiswa diberi kesempatan untuk membuktikan potensi individu dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok, mempelajari sekaligus menjalankan peran sebagai Board of Directors Danone Group, bertemu langsung dengan Executive Boards Danone dari level Nasional, Regional & Internasional, serta memenangkan perjalanan ke Paris bagi juara 1 Country Final dari setiap negara. Selain itu, kompetisi ini juga bertujuan untuk membekali mahasiswa tingkat akhir dari perguruan tinggi ternama di berbagai negara di dunia untuk mengenal dunia kerja dan menyiapkan diri mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional.
Di dalam perjalanannya, para peserta telah mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai filosofi bisnis Danone yang membedakannya dari perusahan-perusahaan lain. Grup Danone merupakan pemimpin pasar dalam industri makanan dan minuman sehat di dunia. Portofolio dan merek dari perusahaan ini mencakup Danone, Evian, Volvic, Aqua , dan lain-lain yang berada dalam jajaran terdepan dalam pasar produk yang berfokus pada kesehatan. Para peserta akan di perkenalkan pada pemikiran visi, misi, value & belief serta strategi perusahaan Danone yang membedakannya dari perusahaan lain. Negara yang berpartisipasi dalam Trust by Danone 8 tahun 2011 ini adalah Algeria, China, Czech Republic & Slovakia, Indonesia, Portugal, Romania, Russia, dan USA. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mewakili Asia.
tim-delegasi-itb
Tim delegasi ITB (Rajawali, Tjakrawala, Bengawan) bersama Presiden Direktur Danone Indonesia, Bernard Ducros
Presiden Direktur Danone Indonesia, Bernard Ducros, mengatakan kompetisi ini diadakan untuk menggali bakat-bakat potensial yang diharapkan bisa menjadi pemimpin masa depan. Danone Indonesia berusaha menjembatani antara universitas dengan industri. Kompetisi Trust by Danone ini merupakan salah satu wujud kerja sama tersebut sekaligus menjaring talenta berbakat untuk masa depan Danone.
Human Resource Director Danone Dairy Indonesia Asep Susilo menjelaskan, Trust by Danone merupakan ajang kompetisi bisnis bagi mahasiswa. Dalam perhelatan ini, para mahasiswa dilibatkan dalam sebuah simulasi tantangan bisnis sebagai ajang mereka mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima di ruang kelas. Asep menambahkan, pemenang adalah tim yang unggul dalam berbagai kriteria. “Dewan juri menetapkan penilaian berdasarkan strategi bisnis yang diajukan tim, presentasi mencakup cara menyampaikan materi dan alat bantu yang digunakan, jawaban tim dalam sesi tanya jawab dengan juri, kerja sama tim dalam bidang kreativitas dan partisipasi tiap anggota, serta antusiasme tiap tim,” ujar salah satu Juri di Hotel Ritz Carlton.
Gelar pemenang kegiatan ini untuk tahun 2011 diraih tim Jayawijaya dari Universitas Indonesia. Meskipun tidak meraih gelar juara di Country Final, akan tetapi sebagai tim dengan anggota termuda yang semuanya berasal dari angkatan 2008, Tim Tjakrawala merasa bahwa masing-masing anggotanya telah memberikan yang terbaik pada tiap proses yang ada di kompetisi bergengsi ini. “Setelah melalui 2 bulan yang sarat tantangan dalam kompetisi Trust by Danone 2011, dari tahap Team Screening, Trust Day hingga Country Final, kami merasa bahwa kami benar-benar berkembang. Momen kompetisi ini merupakan media yang sangat baik untuk mengembangkan kemampuan penerapan ilmu yang kami dapatkan di bangku kuliah. Kami tidak pernah merasa sedekat ini dengan dunia bisnis sebelumnya”, komentar Dayu Dara Permata, mahasiswa Teknik Industri angkatan 2008 yang menjadi CEO tim Tjakrawala.
Pencapaian yang diperoleh Program “Trust by Danone” akan terus bergulir di Indonesia tiap tahun sebagai bukti komitmen Danone di Indonesia untuk turut mengembangkan dan memperoleh bakat terbaik dari orang muda dan semakin membuka banyak kemungkinan peserta dari berbagai kampus di Indonesia untuk mengikutinya. Para pemenang ajang Trust by Danone berhak atas hadiah perjalanan mengunjungi PT Danone di Paris, Prancis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar